checklist

Kampung Inggris Pare, Sobat-sobat semua pasti pernah dengar tentang Kampung Inggris bukan? Ya, Kampung Inggris adalah sebutan untuk Kota Pare yang terletak di kabupaten Kediri Jawa Timur. Julukan ini diberikan karena banyaknya lembaga pendidikan Bahasa Inggris di Pare. Tercatat lebih dari 100 lembaga pendidikan Bahasa Inggris di Pare ini. Untuk sobat-sobat yang berencana belajar bahasa Inggris di Pare, alangkah baiknya membaca artikel ini terlebih dahulu. Sudut Kampung Inggris sengaja membagikan informasi-informasi yang sobat perlukan sebelum datang ke Pare agar dapat membantu kelancaran sobat dalam belajar Bahasa Inggris di Pare. Oke, inilah hal-hal yang perlu sobat persiapkan sebelum berangkat ke Pare.


Niat

“Segala perbuatan bergantung daripada niat”. Sobat-sobat sebelum ke Pare kuatkan niat sobat bahwa sobat pergi ke Pare untuk belajar. Tidak sedikit lho, sobat-sobat kita yang datang ke Pare untuk belajar namun hasilnya kurang maksimal. Salah satu faktor yang menyebabkan adalah kurangnya keseriusan dalam belajar. Bisa jadi juga karena malas atau malu untuk mempraktekkan Bahasa Inggris. Lebih banyak main-mainnya dari pada belajarnya. Oleh karena itu, Kami menyarankan kepada sobat-sobat yang akan ke Pare untuk mengukuhkan niat dan membulatkan tekad untuk belajar sebagai ibadah. Kan sayang jauh-jauh ke Pare terus ilmunya gak dapet…


Pilih Program Kursus yang sesuai dengan kemampuan saudara saat ini.

Di Kampung Inggris ada banyak sekali program yang ditawarkan oleh lembaga kursus. Mulai dari yang beginner sampai tingkat lanjut. Ada juga program yang didesain khusus untuk persiapan menghadapi test seperti TOEFL, TOEIC, atau IELTS. Durasi tiap program juga berbeda-beda ada yang hanya 1 minggu, 2 minggu, 1 bulan, bahkan ada yang 3 bulan atau lebih. Agar sobat-sobat tidak salah ambil program, ada baiknya sobat-sobat minta brosur ke lembaga yang bersangkutan dan melakukan konsultasi terlebih dahulu.  Sehingga sobat juga dapat menyesuaikan waktu yang saudara miliki dengan durasi program yang tersedia.

Sobat dapat memilih program apapun dari lembaga manapun di Kampung Inggris. InsyaAllah semua terpercaya.

Jangan sungkan untuk bertanya. “Malu bertanya sesat di jalan.”


Pastikan sobat sudah memilih Camp sebelum berangkat.

Homestay, atau lebih familiar kami sebut Camp, sebaiknya sobat tentukan bersamaan dengan pemilihan program. Sehingga saat sobat tiba di Pare, sobat sudah mempunyai tempat yang akan sobat tuju dan tinggali. Kecuali jika sobat-sobat punya saudara atau keluarga yang dekat dengan Pare. Sobat sekalian bisa saja mencari Camp setelah tiba di Pare, namun hal ini tidak kami rekomendasikan. Iya kalau masih ada, kalau sudah penuh semua bagaimana? Kalaupun sobat dapat camp, jangan-jangan jarak camp sobat dengan tempat belajar mengajarnya jauh lagi. Kebanyakan kursusan juga menyediakan camp untuk pelajarnya, lebih praktisnya saat sobat pilih program di suatu lembaga, sobat ambil camp-nya juga di lembaga tersebut. Kami sarankan ambil camp yang menerapkan English Area agar sobat bisa cepat terbiasa ngomong Bahasa Inggris.


Pelajari Akses Transportasi menuju Kampung Inggris Pare

Penting sekali sobat ketahui bagaimana cara sobat ke Pare, treansportasi apa yang sesuai untuk sobat, supaya sobat tidak nyasar nantinya. Sobat bisa mempelajari akses transportasi ke Pare dari website-website Kampung Inggris. Dalam website-website tersebut tersaji informasi yang lengkap mulai sarana transportasi yang digunakan hingga tarif-nya.


Lingkungan belajar mengajar di Kampung Inggris Pare

Oke sobat, di Pare kami belajar bahasa inggris dengan fasilitas yang sederhana. Bukan karena tidak mampu untuk mewah tetapi karena kesederhanaan itulah yang menjadikan suasana belajar menjadi kondusif. Yang ditekankan dalam kegiatan belajar Bahasa Inggris di Pare adalah materi dan kedisiplinannya. Ketika di Pare nanti, Sobat-sobat jangan kaget kalau melihat orang-orang belajar bahasa inggris tidak hanya di dalam kelas namun juga di taman, di pinggir sawah, di tepi jalan, bahkan di warung-warung atau café-cafe sekitar baik menggunakan kursi ataupun lesehan. Jadi, jika saudara mengharapkan fasilitas kelas yang mewah dengan tempat duduk yang empuk, pengajar dengan proyektor-nya, dan dan ruangan ber-AC, sebaiknya LUPAKAN. Karena inilah Kampung Inggris, bukan Kerajaan Inggris sobat.


Paksa diri sobat untuk berbicara Bahasa Inggris

Mungkin sobat berangan-angan bahwa semua orang di kampung Inggris berbahasa Inggris. Saya katakan TIDAK. Bahasa Inggris memang paling banyak dipelajari, namun bukan bahasa utama di Kampung Inggris. Bahasa yang digunakan di Pare selain bahasa inggris adalah Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia. Beberapa orang juga ada yang mempelajari dan menggunakan Bahasa Arab, Jepang, Korea, dan lain-lain. Secara hakiki mungkin Pare lebih sesuai disebut sebagai Kampung Bahasa daripada Kampung Inggris.

Nah, oleh karena itu kami anjurkan, Gunakan bahasa yang kalian pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Orang ngobrol dengan bahasa inggris di Pare itu sudah dianggap wajar. Nah, kalau di lingkungan yang berbicara bahasa inggris sudah dianggap wajar saja sobat sekalian masih malu dan takut, apalagi di lingkungan yang lain. Pokoknya kalo udah di Pare dan belajar bahasa Inggris, PAKSA untuk ngomong Inggris, jangan pedulikan ejekan orang.


Jaga Attitude

Hal ini penting sekali untuk kami informasikan. Sudah selayaknya kita menjaga attitude kita di manapun kita berada, terlebih lagi ketika kita berada di tempat orang lain. Kita harus menyadari bahwa kita sedang bertamu di tempat orang. Jadi, ketika nanti sobat di Pare tolong dijaga attitude-nya juga misalnya saling menghormati antar teman, tidak RASIS, tidak ugal-ugalan saat di jalan, dan tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak fasilitas-fasilitas umum, dan lain-lain. Hal ini supaya ke-kondusifitas-an dan kedamaian di Kampung kami tetap terjaga.

Baiklah sobat, semoga informasi yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian. Terima Kasih. Sampai ketemu di Kampung Inggris Pare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *